Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Canva ?

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang di Canva ?

wsmproject.com - Sudah lama sekali tidak mambahas seputar microstock, saat ini sudah banyak mengalami perubahan trend di dunia microstock, mulai dari conten ai, dan beberapa vendor microstock yang sudah melengkapi fiturnya dengan teknologi AI, Oke namun kita kali ini tidak membahas itu namun bagaimana carannya bisa mendapatkan dollar tambahan dari canva yang sedang banyak diperbincangkan namun sayang belum menerima creator baru hingga artikel ini dibuat. 

Berikut Cara Menghasilkan Uang di Canva Di masa modern ini, canva sudah menjadi alat desain universal, siapa saja bisa menggunakannya. Canva juga cocok untuk perangkat apapun dan tidak membutuhkan syarat layaknya alat editing lain. Di samping itu, ternyata canva pun dapat mendukung penggunanya untuk menghasilkan pendapatan. seperti apa carannya yuk simak carannya di wsmproject dengan menyimak artikel lebih lanjunya dibawah ini.

Cara Menghasilkan Uang di Canva

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dari canva. Mulai dari menjadi kontributor, menciptakan desain atau template, dan menjual tutorial. Sebelum masuk ke tahapannya, alangkah baiknya bagi Anda untuk mempelajari apa itu canva secara general, berikut penjelasannya. 

1. Apa Itu Canva?

Canva merupakan sebuah platform yang dapat membantu orang dalam pembuatan desain grafis dan konten. Proses pembuatan melalui media ini lebih mudah dan cepat daripada platform alat desain lainnya. Di dalam platform ini juga menyimpan berbagai tools editing yang cukup lengkap.

Melihat dari kemudahan operasinya maka Canva sangat cocok untuk pekerja desain grafis yang baru belajar. Kehebatan lainnya lagi ialah platform design mudah itu dapat Anda akses secara online. Artinya tidak perlu mengunduh dan install aplikasi yang terkadang memberatkan kinerja perangkat.

Karena kemudahannya ini banyak yang sudah memakai canva selain tidak membutuhkan perangkat yang memiliki spesifikasi berat canva juga bisa dibuka dengan web browser yang tidak hanya dipakai di sistem operasi windows di Linux pun bisa sobat akses di browser linux kalian sob.

2. Cara Menjual Desain di Canva

Semakin terkenalnya Canva di kalangan masyarakat maka kini makin banyak pula orang mengerti tentang desain. Namun sebagian kecil dari mereka tetap ingin menggunakan desain template karena lebih mudah. Hal itu bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjual desain Canva, berikut caranya.
  • Buka canva
  • Buat desain yang Anda inginkan
  • Simpan desain yang sudah selesai
  • Bukan platform jual desain; seperti Creativemarket, Creative Fabrica atau template monster
  • Buat akun creator di platform tersebut
  • Kemudian jual hasil desain di canva
  • Pilih nominal desain yang sesuai
  • Selanjutnya tunggu desain untuk terjual
Itulah cara singkat untuk menjual hasil desain dari Canva melalui platform penjualan foto. Pastikan desain tidak monoton dan tidak mengandung plagiarism. Selama penentuan harga juga harus creator lakukan hati-hati, jangan sampai ternilai terlalu tinggi karena dapat menghilangkan rasa respect calon pembeli.

3. Berapa Penghasilan Kontributor Canva?

Platform canva memiliki program yang mendukung penggunanya untuk menjadi creator resmi. Tugas mereka ialah membuat sticker, jenis teks, atau bahkan template desain. Tentu berbagai beban kerja ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan tinggi.

Usut punya usut, paa creator Canva bisa mendapatkan royalti hingga 85% atas desainnya yang orang lain gunakan. Hal ini bukan hanya iming-iming semata karena sudah banyak orang yang membuktikannya. Tidak heran bila kini tidak sedikit anak muda yang bekerja di di balik komputer ya.

4. Cara Menjadi Afiliasi Canva

Melihat tingginya komisi yang pihak Canva berikan untuk para creatornya membuat banyak pengguna ingin ikutan bergabung. Kebanyakan kendala bagi mereka ialah tidak terlalu paham tentang cara bergabung menjadi creator. Kini tidak perlu khawatir lagi karena bisa mengikuti beberapa cara berikut.
  • Buka situs canva.com/affiprogram/
  • Selanjutnya langsung klik tombol Daftar Sekarang
  • Isi formulir dengan lengkap
  • Klik kirim formulir dan tunggu email masuk
  • Pendaftar kana menerima email konfirmasi
  • Login ke akun afiliasi melalui tautan di dalam email konfirmasi
  • Kemudian promosikan tautan afiliasi ke teman atau audience
  • Canva affiliator akan mendapat komisi ketika orang baru daftar menggunakan link tersebut
Itulah cara yang mudah untuk menjadi affiliator dari platform desain seperti canva. Komisi untuk seorang afiliator sendiri memang hanya dari link yang Anda bagikan. Artinya pendatar affiliate harus pandai mencari dan menyebarkan link desain, teks, atau stiker unik yang sekiranya pengguna lain butuhkan.

5. Cara Upload Desain Canva

Terkadang upload desain di canva menjadi kendala bagi beberapa orang. Kebanyakan dari mereka lpa atau memang merupakan pengguna baru. Jadi wajar saja jika belum mengetahui caranya secara detail, berikut tahapan sederhana untuk upload desain di canva.
  • Perhatikan sisi panel editor
  • Pilih tab unggahan dengan logo awan dan panah
  • Pilih file yang ingin Anda unggah
  • Drag atau seret file dari komputer ke area unggahan
  • Tunggu proses upload selesai
  • Kini file desain unggahan sudah bisa Anda gunakan
Untuk menggunakan desain hasil unggahan juga cukup mudah yaitu hanya perlu klik layaknya elemen biasa. Pengguna juga bisa memisahkan file unggahan ke dalam folder tertentu sehingga bisa lebih tertata. Melalui hal ini maka aktivitas desain jadi lebih mudah dan cepat, tidak perlu mencari elemen lagi.

Berbagai Fitur dan Dukungan Canva Untuk Affiliator

Canva menghargai keberadaan para affiliator dan creator mereka dengan cara memberikan dukungan melalui berbagai fitur. Sebagai contoh, pembayaran yang sederhana, bantuan pertanyaan, dan pelacakan hasil kerja sebagai affiliator. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai setiap bagian tersebut.

1. Pembayaran yang Sederhana dan Tepat Waktu

Canva membayar para kreator dan affiliatornya melalui rekening internasional yaitu paypal. Perusahaan platform desain ini juga bisa memberikan upah melalui e transfer seperti e wallet. Tenggat pembayarannya pun tidak mundur layaknya pekerjaan freelancer lain, selalu tepat waktu.

Hal itu tentu membuat senang para kreator dan memacu semangat mereka dalam berkreasi. Hal ini juga sebagai bentuk penghargaan dari perusahaan atas kerja keras mereka. Jadi kini tidak perlu lagi khawatir tentang masa transfer, pasti tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

2. Dukungan Prioritas

Dukungan prioritas adalah program dari Canva yang memberikan akses untuk penggunanya jika memiliki pertanyaan. Jenis pertanyaannya pun bisa apa saja, baik itu tentang pencairan fee, besar kecil komisi, waktu transfer, atau yang berkaitan dengan desain itu sendiri.

Melalui akses ini maka setiap affiliator akan mendapat kemudahan dalam berkarya, bahkan yang baru sekalipun. Mereka tidak akan kehilangan arah atau memiliki pertanyaan yang tidak terjawab. Terlebih lagi kebanyakan pertanyaan yang menyangkut official canva tidak tersedia bebas di internet.

3. Dashboard Untuk Lacak Hasil Pekerjaan

Pekerja yang profesional pasti memiliki dashboard berupa kinerja mereka selama beberapa rentang waktu. Misalnya 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan sebelumnya yang mana dapat menjadi alat untuk menilai kualitas pekerjaan. Dashboard ini juga memperlihatkan berapa total pendapatan yang sudah mereka ambil.

Selain tentang kinerja, dashboard dari canva juga menunjukkan berapa orang yang c yang sudah klik link templat atau elemen dan menggunakannya. Melalui hal ini maka para affiliator dar creator bisa memperbaiki atau menggunakan strategi pemasaran link yang baru sehingga hasilnya lebih memuaskan.

4. Portal Berita dan Petunjuk Khusus Komunitas

Setiap affiliator akan tergabung dalam sebuah grup atau komunitas. Di dalamnya akan tersedia berbagai berita dan informasi terbaru tentang dunia creator dan afiliasi di Canva. Melalui informasi ini maka Anda bisa meningkatkan kinerja, strategi, atau hal lainnya yang saling berhubungan. Pada akhirnya memberikan dampak signifikan pada penghasilan, tentu bisa lebih tinggi dari sebelumnya.

Demikian tentang canva dan potensinya dalam menghasilkan uang sebagai affiliator dan creator. Zaman modern ini memang membuat masyarakat jadi memiliki banyak cara untuk mendapatkan penghasilan.